Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN COMIC STRIP DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Pengembangan Media Pembelajaran Comic Strip dalam Mata Pelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang” memuat data mengenai Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Kota Palembang Tahun 1947, penelitian ini telah dilakukan dan diterapkan di kelas XI IPS 1 di SMA Srijaya Negara Palembang. Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana mengembangkan media comic strip yang valid dan memiliki efektifitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media comic strip yang valid dan memiliki efektifitas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model Hannafin and Peck. Langkah-langkah pengembangannya adalah sebagai berikut (1) fase analisis kebutuhan, (2) fase desain, dan (3) fase pengembangan dan implementasi. Kevalidan media pembelajaran dinilai oleh tiga pakar yakni ahli media, ahli materi, dan ahli desain pembelajaran. kevalidan media memiliki nilai sebesar 3,78 dengan kategori valid, kevalidan materi memiliki nilai sebesar 3.93 dengan kategori valid, dan kevalidan desain pembelajaran memiliki nilai sebesar 3,95 dengan kategori valid. Pengaruh media comic strip pada mata pelajaran sejarah di SMA Srijaya Negara Palembang terlihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran pada tahap uji coba lapangan sebesar 43,53% dengan Ngain sebesar 0,75. Hal ini menunjukkan media comic strip pada pelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 di SMA Srijaya Negara Palembang dengan materi Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Kota Palembang Tahun 1947 ini memiliki nilai valid dan efektivitas. Kata Kunci: pengembangan, Comic Strip, Valid dan Efektivitas
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000194 | T63105 | T631052022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available