Skripsi
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMAKER DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK SISWA KELAS VII SMP PGRI 1 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru kelas VII SMP PGRI 1 Palembang terhadap video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur, (2) menghasilkan rancangan video pembelajaran berbasis animaker berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru kelas VII SMP PGRI 1 Palembang, (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap video pembelajaran berbasis animaker yang telah dikembangkan oleh peneliti, (4) mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur berdasarkan uji beta menggunakan motede one to one (1-1). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Alessi & Trollip (2001) yang terdiri dari tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan teknik wawancara, kuesioner, lembar validasi ahli, dan lembar penilaian uji kepraktisan. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dan guru membutuhkan video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur untuk meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar serta membantu siswa belajar secara mandiri. Uji validasi video pembelajaran berbasis animaker dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan skor 59 dengan persantase 98,3% dari skor maksimal 60. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 53 dengan persentase 81,5% dari skor maksimal 65. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur sangat baik dan sangat valid. Berdasarkan hasil uji beta best penilaian kepraktisan video pembelajaran oleh guru mendapatkan skor 75 (100%), siswa berkemampuan tinggi mendapatkan skor 75 (100%), siswa berkemampuan sedang mendapatkan skor 74 (98,6%), dan siswa berkemapuan rendah mendapatkan skor 73 (97,3%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbasis animaker dalam menulis teks prosedur untuk siswa kelas VII SMP PGRI 1 Palembang ini praktis dan layak digunakan dalam pembelajaran menulis teks prosedur.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000495 | T65885 | T658852022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available