Skripsi
HUBUNGAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI SUMATERA SELATAN TAHUN AJARAN 2021/2022
Disituasi kegiatan proses belajar mengajar saat ini dimasa pandemi Covid-19 yang dilakukan secara online/daring, banyak sekali faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar, salah satunya kesiapan belajar. Kesiapan belajar ini memiliki beberapa faktor kondisi yang mempengaruhi diantaranya, kondisi fisik, mental, emosional, kebutuhan, motif, tujuan, keterampilan dan pengetahuan. Agar mendapatkan kesiapan belajar dan hasil belajar yang baik, maka para siswa harus mempunyai banyak rasa keingintahuan terhadap materi yang dipelajari dan juga usaha untuk mencari materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini hanya untuk mengetahuai Hubungan Kesiapan Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri Sumatera Selatan Tahun Ajaran 2021/2022, Populasi dan sampel adalah seluruh siswa kelas X Teknik Pemesinan yang berjumlah 69 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/angket untuk mendapatkan data hasil kesiapan belajar yang dilakukan secara online/daring, sedangkan untuk pengumpulan data hasil belajar gambar teknik menggunakan soal tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, tidak terdapat hubungan yang signifikan antar kesiapan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran gambar teknik siswa kelas X, yang diperolehan dari hasil nilai siginifikan (p-value) = 0,082, berarti p-value yang didapat > alpha (0,05). Dikarenakan masih adanya siswa yang masuk kategori kesiapan belajar tinggi, namun masih ada yang memiliki nilai hasil belajar yang buruk (< 65), sedangkan siswa dengan kesiapan belajar rendah ini tidak semuanya mendapatkan hasil yang buruk, masih ada yang mendapatkan nilai hasil belajar yang baik (≥ 65).
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000681 | T66905 | T669052022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available