Skripsi
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.
Bahan ajar yang dikembangkan berisi bagan proposisi dan miskonsepsi, petunjuk penggunaan, KI dan KD, tujuan pembelajaran, materi pelajaran, rangkuman, soal latihan sesuai miskonsepsi, daftar istilah, daftar pustaka, indeks, dan identitas penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dengan topik siklus air di Sekolah Menengah Pertama pada kompetensi dasar 3.10 dan 4.10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Developmental Research) Richey & Klein (2005) tipe II yang terdiri dari tahap aksplorasi dan uji coba. Penelitian ini dilakukan sebanyak satu siklus. Hasil pengembangan bahan ajar diuji kevalidannya oleh 5 orang validator, kemudian diuji keterbacaannya oleh 16 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, nilai validasi pengembangan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid, aspek penyajian memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid dan pada aspek bahasa memperoleh nilai sebesar 4,26 yang berarti sangat valid. Rata-rata hasil validasi bahan ajar yaitu sebesar 4,35 yang terkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh adalah sebesar 91,17%, ketika dikonversi menggunakan kriteria Bormuth maka artinya produk pengembangan bahan ajar mudah dipahami. Sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid dan dapat digunakan pada proses pembelajaran
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000907 | T68569 | T685692022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available