The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.

Skripsi

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.

Salsabila, Annisa - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Bahan ajar yang dikembangkan berisi bagan proposisi dan miskonsepsi, petunjuk penggunaan, KI dan KD, tujuan pembelajaran, materi pelajaran, rangkuman, soal latihan sesuai miskonsepsi, daftar istilah, daftar pustaka, indeks, dan identitas penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dengan topik siklus air di Sekolah Menengah Pertama pada kompetensi dasar 3.10 dan 4.10. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Developmental Research) Richey & Klein (2005) tipe II yang terdiri dari tahap aksplorasi dan uji coba. Penelitian ini dilakukan sebanyak satu siklus. Hasil pengembangan bahan ajar diuji kevalidannya oleh 5 orang validator, kemudian diuji keterbacaannya oleh 16 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, nilai validasi pengembangan bahan ajar berbasis indigenous knowledge dari aspek materi memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid, aspek penyajian memperoleh nilai sebesar 4,40 yang berarti sangat valid dan pada aspek bahasa memperoleh nilai sebesar 4,26 yang berarti sangat valid. Rata-rata hasil validasi bahan ajar yaitu sebesar 4,35 yang terkategori sangat valid. Hasil uji keterbacaan yang diperoleh adalah sebesar 91,17%, ketika dikonversi menggunakan kriteria Bormuth maka artinya produk pengembangan bahan ajar mudah dipahami. Sehingga dihasilkan bahan ajar yang valid dan dapat digunakan pada proses pembelajaran


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2207000907T68569T685692022Central Library (Referens)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T685692022
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya., 2022
Collation
xii, 40 hlm.: ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
373.236 07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Pendidikan Biologi
bahan ajar Siswa SMP
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS INDIGENOUS KNOWLEDGE PADA TOPIK SIKLUS AIR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA.
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search