Skripsi
PENGEMBANGAN E-LEARNING MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA.
Telah berhasil dikembangkan produk e-learning pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap pengembangan yaitu, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada penelitian ini, tahap evaluasi yang digunakan menggunakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan e-learning. Teknik pengumpulan data menggunakan data walkthrough dan data angket. Berdasarkan hasil expert review dari tiga aspek penilaian diperoleh rata-rata penilaian para ahli sebesar 97% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil pada tahap one-to-one evaluation diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan e-learning sebesar 94,22% dengan kriteria sangat praktis dan pada tahap small group evaluation diperoleh rata-rata tanggapan siswa terhadap penggunaan e-learning sebesar 96,73% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian dapat disimpulkan e-learning pada materi fluida statis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA telah valid dan praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001424 | T71558 | T715582022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available