Skripsi
UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI (SELF CONFIDENCE) SISWA PADA KELAS XI DI SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PPKn dalam meningkatkan rasa percaya diri (Self Confidence) siswa pada kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Situasi sosial dari penelitian ini adalah SMA Srijaya Negara Palembang sebagai (tempat), guru PPKn dan siswa kelas XI IPS 3 dan XI IPS 4 sebagai (pelaku), dan kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Srijaya Negara Palembang sebagai (aktifitas) yang akan diteliti. Dalam penelitian ini yang menjadi informan yaitu ada 9 orang. Dengan menggunakan analisis yang bersifat mendalam, serta pemilihan informan berdasarkan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, dan uji dependabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa upaya guru PPKn dalam meningkatkan rasa percaya diri (Self Confidence) siswa pada kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang yaitu dengan memupuk keberanian untuk bertanya, aktif bertanya kepada siswa, melatih diskusi dan berdebat, mengerjakan soal di depan kelas, dan memberikan apresiasi kepada siswa di SMA Srijaya Negara Palembang. Kata kunci : Upaya Guru PPKn, Rasa Percaya Diri (Self Confidence), Siswa
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002188 | T73909 | T739092022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available