Skripsi
IDENTIFIKASI STIMULASI KARAKTER KOMUNIKATIF DAN RASA INGIN TAHU ANAK USIA (1-3) TAHUN DI TANJUNG PAYANG DUSUN 1, LAHAT SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persentase stimulasi karakter komunikatif dan rasa ingin tahu yang diberikan oleh keluarga kepada anak usia (1-3) tahun di Tanjung Payang Dusun 1, Lahat Selatan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi berapa besar persentase dari stimulasi karakter komunikatif untuk melayani karakter rasa ingin tahu yang diterapkan oleh keluarga kepada anak-anak usia (1-3) tahun. Populasi pada penelitian ini 30 keluarga di Dusun 1, Lahat Selatan dengan sampel pada penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia (1-3) tahun di Tanjung Payang Dusun 1, Lahat Selatan yang berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling yakni pengkategorian tabel random dengan bilangan ganjil genap yakni bilangan ganjil. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup beserta dokumentasi langsung kepada keluarga anak usia dini. berdasarkan hasil penelitian, maka didapatkan bahwa setiap kategori sangat sering (SS), sering (S), dan pernah (P) memiliki responden tertinggi yang memberikan penanaman karakter komunikatif dan rasa ingin tahu diantaranya sangat sering (SS) SAPS 91,67%, sering (S) YM 81,92%, pernah (P) SW dan CH 59,72% serta tidak pernah (TP) 0%. Stimulasi karakter komunikatif untuk melayani karakter rasa ingin tahu pada anak yang diberikan oleh keluarga kepada anak usia dini dengan nilai akhir keseluruhan angket mencapai 70,56% dengan kategori Sering (S). Namun, diantara banyaknya anggota keluarga yang memberikan stimulasi karakter komunikatif maupun karakter rasa ingin tahu kepada anak usia (1-3) tahun terdapat beberapa keluarga yang memang Sangat Sering memberikan stimulasi karakter komunikatif berbarengan dengan karakter rasa ingin tahu.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001019 | T69532 | T695322022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available