Skripsi
DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA PERKEMBANGAN EMOSI ANAK USIA (2-3) TAHUN DI RT 02 TANJUNG BERINGIN KABUPATEN EMPAT LAWANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pengunaan gadget pada perkembangan emosi anak usia (2-3) tahun di Rt 02 Kelurahan Tanjung Beringin Kabupaten Empat Lawang. Subjek penelitian ini adalah orang tua dari anak usia (2-3) tahun sedangkan objek penelitian yaitu 2 orang anak berusia (2-3) tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Penggunaan gadget memberikan dua jenis dampak emosi pada anak usia (2-3) tahun yaitu dampat negatif dan positif. Dampak positif berkaitan dengan emosi anak yang ditunjukkan dengan adanya rasa senang, ekpresi rasa senang ini biasanya ditunjukkan dengan tersenyum, tertawa, dan bahagia. Dampak negatif dalam penggunaan gadget yaitu anak memiliki perilaku kekerasan dan anak menjadi tantrum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif dari penggunaan gadget pada anak PDA yaitu anak senang menirukan gerakan baby shark dance sedangkan MHI senang menirukan berhitung yang diucapkan orang tuanya. Saat anak meniru gerakan dance dan berhitung tersebut anak melakukannya dengan senang bukan karena paksaan orang tua. Sedangkan dampak negatif yang didapat pada PDA dan MHI sama yaitu memiliki perilaku kekerasan terhadap orang tuanya sendiri dan juga anak menjadi tantrum seperti mengekspresikan kekesalannya melalui gerakan-gerakan memukul tubuh atau dengan mengeluarkan suara lantang hingga berteriak dan menangis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207002480 | T75044 | T750442022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available