Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 2 BUAY MADANG TIMUR
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru kelas VIII SMPN 2 Buay Madang Timur terhadap media pembelajaran menulis teks eksposisi berbasis articulate storyline,(2) Mendeskripsikan rancangan media berbasis articulate storyline dalam pembelajaran menulis teks eksposisi untuk peserta didik kelas VII SMPN 2 Buay Madang Timur, dan (3) Mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap media berbasis articulate storyline dalam menulis teks eksposisi untuk peserta didik kelas VIII SMPN 2 Buay Madang Timur, (4) Mengetahui media pembelajaran berbasis articulate storyline efektif dalam menulis teks eksposisi berdasarkan uji beta menggunakan metode one to one (1-1). Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Alessi & Trollip (2001) terdiri dari tahap perencanaan, desain dan pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesioner, lembar validasi ahli dan lembar penilaian uji keefektifan. Hasil dari penelitian ini peserta didik dan guru membutuhkan media pembelajaran berbasis articulate storyline dalam menulis teks eksposisi untuk meningkatkan semangat belajar dan motivasi peserta didik dalam menulis teks eksposisi. Uji validasi media pembelajaran berbasis articulate storyline dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli kebahasaan. Hasil validasi media mendapatkan skor 59 dengan persentase 92,18% dari skor maksimal 64. Hasil validasi materi mendapatkan skor 29 dengan persentase 90,62% dari skor maksimal 32. Hasil validasi bahasa mendaptkan skor 14 dengan persentase 87,5% dari skor maksimal 14. Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate storyline dalam menulis teks eksposisi sangat baik dan sangat valid. Berdasarkan hasil uji beta penilaian kepratisan media pembelajaran oleh guru mendapatkan skor 64 (100%), peserta didik berkemampuan tinggi mendapatkan skor 64 (100%), peserta didik berkemampuan sedang mendapat 63(98,4%), peserta didik berkemampuan rendah mendapat 62 (96,8%). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis articulate storyline dalam menulis teks eksposisi untuk peserta didik kelas VIII SMPN 2 Buay Madang Timur ini sangat efektif dan sangat baik digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Kata Kunci: media pembelajaran, articulate storyline, menulis teks eksposisi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207001056 | T69994 | T699942022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available