Skripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NUMERASI SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa setelah dilaksanakan problem based learning, keterlaksanaan proses pembelajaran dan respon siswa terhadap proses pembelajaran. Sehingga penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Prosedur penelitian yang dilakukan terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis data. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes, wawancara, observasi dan angket. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 45 Palembang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.1 pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Dari hasil yang diperoleh, dapat dikatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 45 Palembang dalam menyelesaikan masalah numerasi materi relasi melalui problem based learning cukup baik. Dari hasil wawancara juga diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa cukup baik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan karena siswa cukup memahami permasalahan tersebut. Proses pembelajaran yang dilakukan sebanyak dua pertemuan di kelas VIII.1 dengan model problem based learning terlaksana dengan baik. Setelah proses pembelajaran yang dilakukan dengan model problem based learning, respon siswa terhadap proses pembelajaran tersebut juga baik dengan perolehan skor persentase sebesar 73,19%. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Numerasi, Problem Based Learning
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2207000741 | T67217 | T672172022 | Central Library (Referens) | Available |
No other version available