The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Skripsi

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA

Febriana, Riana Dwi - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas E-Learning berbasis Schoology pada materi suhu dan kalor yang digunakan pada pembelajaran fisika di SMA Negeri 9 Palembang ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design yaitu sebuah kegiatan penelitian eksperimen dengan cara memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya baru diberikan tes akhir (posttest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA 9 Palembang. Dan sample pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Negeri 9 Palembang. Pada proses pembelajarannya menggunakan E-Learning berbasis Schoology. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes hasil belajar peserta didik dalam bentuk soal uraian dan hasil tes ini dianalisis dengan menggunakan analisis N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest yang diperoleh peserta didik adalah 50,78 dan rata-rata posttest yaitu 81,72. Kemudian untuk analisis gain yang ternormalisasi (N-Gain) didapatkan hasil sebesar 0,63 yang termasuk dalam kategori N-gain sedang. Selanjutnya untuk analisis presentase pendapat peserta didik terhadap penggunaan E-Learning berbasis Schoology diperoleh hasil rata-rata sebesar 84,31% dengan kategori sangat baik. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan E-Learning berbasis Schoology efektif terhadap hasil belajar peserta didik terhadap materi suhu dan kalor. Kata Kunci: Efektivitas, Hasil Belajar, Schoology


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
T70483T704832022Central Library (2207001147)Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T704832022
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2022
Collation
x, 45 hlm.; ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
371.307
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
kegiatan belajar mengajar
Prodi Pendidikan Fisika
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS SCHOOLOGY PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMA
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search