Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERAKSI SOSIAL DAN KOMUNIKASI ANAK DI TK MAHARDIKA PALEMBANG
Perkembangan interaksi sosial dan komunikasi dipengaruhi oleh faktor interaksi orang tua-anak, stimulus lingkungan dan penggunaan bahasa. Anak dengan gangguan perkembangan interaksi sosial dan komunikasi akan memiliki lingkungan yang sempit, tentunya hal ini akan mempengaruhi proses pendidikannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial dan komunikasi anak di TK Mahardika Palembang. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan desain potong lintang. Data penelitian ini berasal dari data primer hasil pemeriksaan KPSP dan Kuesioner terstruktur yang diberikan kepada orang tua anak-anak di TK Mahardika Palembang. Data dianalisa menggunakan uji Chi-Square dan regresi logistic berganda. Hasil: Dari 40 sampel, 19 anak (47,5%) mmiliki perkembangan interaksi sosial baik, 21 anak (52,5%) memiliki perkembangan interaksi sosial kurang baik. Perkembangan komunikasi baik ada pada 17 anak (42,5%) dan perkembangan komunikasi kurang baik pada 23 anak (57,5%). Terdapat hubungan tidak bermakna antara penggunaan bahasa dengan perkembangan interaksi sosial tetapi ditemukan hubungan bermakna pada variabel lainnya. Pengaruh faktor stimulus lingkungan terhadap perkembangan interaksi sosial diperoleh nilai p= 0,014 dan rasio prevalensi 5,417 sedangkan nilai p= 0,028 ada pada pengaruh penggunaan bahasa terhadap perkembangan komunikasi dan rasio prevalensi 6,261. Kesimpulan: Faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan interaksi sosial adalah stimulus lingkungan sedangkan pada perkembangan komunikasi faktor yang paling berpengaruh adalah penggunaan bahasa.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407000720 | T81429 | T814292014 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available