Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA LARI SPRINT MELALUI PERMAINAN BENTENGAN PADA KELAS V SD NEGERI 110 PALEMBANG
Penelitian ini mengalami perubahan judul menjadi “ Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Lari Sprint Melalui Permainan Bentengan Pada Kelas V SD Negeri 110 Palembang ” . Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah metode bermain bentengan dapat 'meningkatkan minat lari sprint serta meningkatkan keaktifan siswa ” percaya diri sehingga dapat meningkatkan minat dan proses pembelajaran keterampilan gerakan lari sprint pada kelas V SD Negeri 110 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan metode bermain untuk anak SD dapat membuat anak bergerak aktif, senang dan percaya diri sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran atletik di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pedoman Ari kunto (dalam Suyadi ) 2011 yang mencakup kegiatan : Perencanaan, Tindakan , Observasi dan Refleksi (Evaluasi). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V B SD Negeri 110 Palembang yang berjumlah 24 orang siswa (12 perempuan dan 12 laki-laki). Penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu ,siklus pertama bermain bentengan antara putra dan putri berbau menjadi satu. Data yang dikumpulkan dari observasi dilapangan dengan jenis data yaitu keaktifan , partisipasi , kerjasama dan mentaati peraturan , serta keterampilan gerakan lari sprint dalam mengikuti proses pembelajaran atletik lari jarak pendek. Siklus pertama peningkatan pembelajaran siswa belum mencapai kreteria yang telah ditentukan peneliti yaitu > 7,5% , dan untuk kekatifan baru mencapai 6,5% atau dengan skor rata-rata 6,7, keterampilan gerak 67%. Siklus kedua atletik dengan bermain bentengan secara terpisah regu putra dan putri secara beregu,proses pembelajaran meningkat secara signipikan : keaktifan siswa mencapai hasil 83% atau dengan skor rata-rata 7,5 dan keterampilan gerakan lari mencapi hasil 7,9 dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran atletik yaitu 24 orang siswa, maka dengan tercapainya standar kreteria yang peneliti tentukan maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa “Metode bermain bentengan dapat memperbaiki proses pembelajaran lari sprint disekolah dasar Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 110 Palembang ”.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000993 | T78333 | T783332012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available