Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE MELETAKKAN BENDA KE DALAM LINGKARAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 74 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode meletakkan benda ke dalam lingkaran dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 74 Palembang. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 74 Palembang, sebab hasil lompat jauh siswa kelas V masih perlu ditingkatkan. Adapun jumlah siswa yang diteliti sebanyak 25 orang, yang terdiri dari laki-laki 11 orang dan perempuan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dan tes. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil lompat jauh gaya jongkok siswa. Dari data awal diketahui rata-rata 69, siklus 1 diketahui rata-rata 72,75, dan siklus II diketahui rata rata 81,25. Peningkatan dari tes awal ke siklus I sebesar 3,75. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 8,50. Peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke siklus II sebesar 12,25, 2) Teijadi peningkatan persentase ketuntasan hasil lompat jauh gaya jongkok siswa. Dari data awal diketahui 56%, siklus I diketahui 72%, dan siklus II diketahui 88%. Peningkatan dari data awal ke siklus I sebesar 16%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II juga sebesar 16%. Peningkatan secara keseluruhan dari data awal ke siklus II sebesar 32%, 3) Hasil penelitian ini telah menjawab masalah yang diteliti bahwa metode meletakkan benda ke dalam lingkaran dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SDN 74 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001627 | T79062 | T790622012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available