Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEKNIK LOMPAT JAUH MELALUI MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 176 PALEMBANG
Penelitian bertujuan ingin mengetahui apakah teknik lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi alat matras dapat meningkatkan pembelajaran lompat jauh siswa kelas V.A SD Negeri 176 Palembang. Jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas V SD Negeri 176 Palembang Tahun Pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes unjuk keija lompat jauh gaya jongkok. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar teknik lompat jauh gaya jongkok melalui modifikasi penggunaan alat matras dari busa pada siswa kelas V SD Negeri 176 Palembang. Pada sebelum penelitian nilai rata-rata siswa 65,46, siklus pertama naik sebesar 69,41, dan siklus kedua naik lagi sebesar 79,77. Rata-rata kenaikan hasil belajar siswa dari tes awal ke siklus 1 adalah 3,95; dari siklus 1 ke siklus 2 rata-rata 10,36. Total peningkatan nilai siswa secara keseluruhan adalah 14,31. Pencapaian hasil belajar teknik lompat jauh gaya jongkok yang dilihat dari ketuntasan belajar klasikal juga dinyatakan berhasil dan mengalami peningkatan, karena hasil tes siklus kedua telah mencapai 86,8%, dibandingkan rata-rata pada siklus pertama 73,7% dan tes awal 55,3%. Jadi, total peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 31,6%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001453 | T79055 | T790552012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available