Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN TEHNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 233 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Tehnik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Metode Bagian Pada Siswa Kelas V SD Negeri 233 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan proses pembelajaran atletik nomor lompat jauh gaya jongkok melalui metode bagian yaitu dengan cara lomba lari 50 meter, lompat tanpa awalan, bermain lompat tali memakai karet pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 233 Palembang. Siswa akan lebih menyenangi dalam melakukan lompat jauh dan mengurangi rasa takut, serta akan lebih aktif dalam melakukan lompatan. Atletik merupakam salah satu materi yang didalamnya mencakup jalan, lari, lompat dan lempar . Berdasarkan pernyataan tersebut timbul pemikiran untuk mengadakan upaya meningkatkan tehnik dasar melalui metode bagian dengan maksud materi lompat jauh dapat terlaksana tanpa mengalami kejenuhan dan kelelahan yang berarti melalui, proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom ActionResearch). Penelitian ini dilakukan secara bersiklus setiap siklusnya dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 233 Palembang, yang berjumlah 40 siswa. Tehnik pengumpulan data adalah observasi kelas, catatan lapangan dan tes hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lompat jauh melalui metode bagian dapat meningkatkan hasil dan kemampuan gerak, tes awal 2 siswa aktif atau 5 %, 38 siswa tidak aktif atau 95 %, siklus I, 39 siswa sedang atau 97,5 %, 1 kurang atau 2,5 %, siklus II, 25 siswa sedang atau 62,5 %, 10 baik atau 25 %, 5 siswa kurang atau 12,5 %, siklus III, 27 siswa sedang atau 67,5 %, 12 siswa baik atau 30 %, 1 siswa kurang atau 2,5 % sehingga dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 233 Palembang. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode bagian dapat meningkatkan hasil belajar yang lebih serius dalam kegiatan pembelajaran lompat jauh.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001432 | T78340 | T783402012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available