Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ATLETIK NOMOR LARI JARAK PENDEK 60 METER DALAM PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN MELALUI AKTIVITAS LUAR KELAS PADA SISWA KELAS V.A SEKOLAH DASAR NEGERI 177 PALI
Penelitian ini beijudul Upaya Meningkatkan Pembelajaran Atletik Nomor Lari Jarak Pendek 60 Meter Dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Melalui Aktivitas Luar Kelas Pada Siswa Kelas V.A Sekolah Dasar Negeri 177 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran atletik melalui aktivitas luar kelas pada siswa kelas V.A Sekolah Dasar Negeri 177 Palembang, Siswa akan njadi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60 meter. Atletik merupakan salah satu materi pokok dalam kurikulum yang di dalamnya mencakup jalan, lari, lompat dan lempar. Yang menjadi kendala guru pendidikan jasmani pada umumnya adalah proses pembelajaran atletik kurang diminati dan kurang disenangi oleh siswa. Berbeda dengan materi permainan, siswa sangat antusias menyambut informasi dari guru pendidikan jasmani Ketika menyampaikan materi yang akan dilaksanakan. Ada beberapa hal yang menyebabkan materi atletik misalnya pada cabang lari kurang diminati, antara lain karena materi atletik pada cabang lari mudah menjenuhkan, mudah membosankan dan mudah melelahkan. Berdasarkan kenyataan tersebut ada pemikiran untuk mengadakan kolaborasi antara materi atletik dan permainan, dengan maksud agar materi atletik dapat terlaksana tanpa siswa mengalami kejenuhan dan kelelahan yang berarti melalui penyelenggaraan proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara/prosedur baru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.A SD Negeri 177 Palembang yang beijumlah 34 siswa. Data dikumpulkan dari hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus satu siswa yang aktif mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60 m mencapai 11 siswa (35%). Pada siklus dua siswa yang aktif dalam mengikuti pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60 m meningkat menjadi 28 siswa (87%), dan siklus kedua dinyatakan berhasil dan dianggap tidak perlu melakukan tindakan siklus berikutnya karena telah mencapai target penelitian yang telah ditetapkan sebesar 75%. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan dengan standar ketuntasan SD Negeri 177 Palembang, yaitu jika siswa yang aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran mencapai 75%, maka penelitian dinyatakan berhasil, Dilihat dari siklus akhir (28%), siswa yang aktif mencapai 87%, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil, sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya (tiga). Dari hasil yang diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias dalam mengikut pembelajaran atletik nomor lari jarak pendek 60 m melalui aktivitas luar kelas.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000529 | T78563 | T785632012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available