Skripsi
PENERAPAN MODEL MODIFIKASI BOLA DAN LAPANGAN PERMAINAN BOLA VOLI UNTUK PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PENJAS ORKES DI SEKOLAH DASAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 210 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Modifikasi Bola dan Lapangan Permainan Bolavoli Untuk Peningkatan Proses Pembelajaran Penjas Orkes di Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah model modifikasi bola dan lapangan permainan bolavoli tersebut dapat membuat anak bergerak secara aktif, berani, senang, sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran Penjas Orkes di sekolah dasar pada siswa kelas V SD Negeri 210 Palembang”. Tujuan Penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan model modifikasi bola dan lapangan permainan bolavoli ini sesuai sebagai media pembelajaran untuk anak sekolah dasar dan dapat membuat anak bergerak secara aktif, berani dan senang serta dapat meningkatkan proses pembelajaran Penjas Orkes di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pedoman, Kemmis, S. dan MC. Toggart .R. (1998) yang mencangkup kegiatan : Perencanaan, Tindakan Observasi dan Refleksi (Evaluasi). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 210 Palembang yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, yaitu siklus pertama bermain bolavoli menerapkan model modifikasi bola. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi dilapangan dengan jenis data yaitu kebenaran gerak siswa, keaktifan siswa dan sikap siswa (kerja sama team, sportifitas, dan kejujuran siswa) dalam mengikuti proses pembelajaran permainan bolavoli. Siklus pertama peningkatan pembelajaran siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan peneliti yaitu baru mencapai kebenaran gerak 63,33%, keaktifan siswa 63,34%, sikap siswa 63,33%. Standar kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan peneliti adalah > 75%. Siklus kedua bermain bolavoli dengan menerapkan model modifikasi lapangan, proses pembelajaran meningkat secara signitifikan : kebenaran gerak siswa mencapai dengan hasil 93,33%, keaktifan siswa 93,34%, sikap siswa 93,33% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran permainan bolavoli yaitu 30 orang siswa, maka dengan tercapainya standar kriteria ketuntasan minimal yang peneliti tentukan maka peneliti ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa “Model Modifikasi Bola dan Lapangan Permainan Bolavoli Dapat Meningkatkan Proses Pembelajaran Penjas Orkes Di Sekolah Dasar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 210 Palembang”.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007001574 | T74325 | T743252010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available