Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN SERVIS BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 91 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Upaya meningkatkan pembelajaran servis bawah permainan bolavoli melalui metode bagian pada kelas V SD Negeri 91 Palembang” bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode bagian dapat meningkatkan kemampuan servis bawah bolavoli. Pelaksanaan penelitian berlokasi di SD Negeri 91 Palembang, Jalan Mojopahit VI Rt.13 Rw. 04 Kelurahan Tuan Kentang Kecamatan Seberang Ulu I Palembang. Olahraga permainan bolavoli di SD Negeri 91 Palembang perlu adalanya perbaikan, yang mengarah pada system pembelajaran, karena kendala pada anak adalah kemampuan yang belum berkembang, sehingga potensi yang ada pada anakanak belum dapat diekploitasi sepenuhnya karena beberapa kemungkinan antara lain pola pembelajaran, sehingga penulis mencoba akan memperbaiki dalam sistim pembelajaran, dengan mengganti metode. Dari metode permainan dan demontrasi, akan diganti dengan metode Bagian. Classroom Action Research (Penelitian Tindakan Kelas) yang disingkat PTK, yang akan digunakan dalam penelitian ini, dengan menggunakan 2 siklus. PTK setiap siklusnya memiliki langkah-langkah yaitu 1) Perencanaan; 2) Pelaksanaan; melakukan kegiatan pembelajaran servis bawah dengan metode bagian. 3) Pengamatan; peneliti melakukan pengamatan (membuat instrument penilaian); 4) refleksi (hasil dari pembelajaran dengan data pada intrumem penilaian dilakukan pengolahan kekurangan-kekurangannya, untuk dilanjutkan atau didak pada siklus berikutnya). Hasil tes awal 44,7 %, siklus I sekurang-kurangnya akan meningkat menjadi 63 %, dan Siklus II mencapai sekurang-kurangnya 90 % Setelah melakukan penelitian ternyata hasil yang dicapai melebihi harapan yaitu 92 % anak dapat melakukan servis bawah bolavoli menggunakan metode Bagian. Kata Kunci : Metode Bagian, Servis Bawah, Permainan Bolavoli
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001540 | T74529 | T745292012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available