Skripsi
UPAYA PEMBELAJARAN TEKNIK LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LONCAT KATAK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 115 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran teknik mendarat lompat jauh gaya jongkok melalui permainan loncat katak pada siswa kelas V SD Negeri 115 Palembang. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan minimal 2 siklus. Langkah-langkah dalam siklus penelitian tindakan kelas ini terdiri atas empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, 4) refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V.A yang berjumlah 36 siswa. Untuk menganalisis data observasi, peneliti menyiapkan lembar observasi sebagai berikut: 1) Penilaian Aktivitas Siswa, 2) Penilaian Aktivitas Guru, 3) Penilaian Teknik Mendarat Lompat Jauh Gaya Jongkok menggunakan skala penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran bermain loncat katak dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SDN Negeri 115 Palembang. Hal ini terbukti dari ketuntasan belajar yang diperoleh pada tes awal yang tergolong sedang 50%, pada Siklus I ketuntasan belajar siswa lebih tinggi dari tes awal yakni mencapai 69,44%, dan Siklus II ketuntasan belajar siswa naik mencapai 86,11%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407002628 | T77631 | T776312014 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available