Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN GERAKAN LARI 50 METER MELALUI METODE BERMAIN MEMINDAHKAN KUBUS PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 40 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Minat dan Kemampuan Gerakan Lari 50 Meter Melalui Metode Bermain Memindahkan Kubus Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 40 Palembang “. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah metode bermain atletik dapat membuat anak bergerak secara aktif, senang, percayadiri, sehingga dapat meningkatkan minat, dan proses pembelajaran keterampilan gerakan lari 50 meter pada siswa kelas VII D SMP Negeri 40 Palembang “. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah penerapan metode bermain untuk anak SMP dapat membuat anak bergerak aktif, senang dan percayadiri sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran Atletik di Sekolah Menengah Pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pedoman Arikunto (dalam Suyadi ).2011 yang mencakup kegiatan : Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi (Evaluasi). Keempat kegiatan ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 40 Palembang yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dua siklus, yaitu siklus pertama berlari sambil bermain membawa dan memindahkan kubus dengan berpasangan. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi dilapangan dengan jenis data yaitu minat, partisipasi, keijasama, dan mentaati peraturan, serta keterampilan gerakan lari cepat 50 meter dalam mengikuti proses pembelajaran atletik lari jarak pendek. Siklus pertama peningkatan pembelajaran siswa belum mencapai kriteria yang telah ditentukan peneliti, yaitu > 75%, dan untuk minat baru mencapai 65% atau dengan skor rata-rata 6.9, keterampilan gerak 65%. Siklus kedua atletik dengan bermain membawa dan memindahkan kubus secara perorangan , proses pembelajaran meningkat secara signifikan : minat siswa mencapai hasil 80% atau dengan skor rata-rata 7,5, dan keterampilan gerakan lari 50 meter mencapai hasil 77,5% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran atletik yaitu 40 orang siswa, maka dengan tercapainya standar kriteria yang peneliti tentukan maka penelitian ini dinyatakan berhasil. Berdasarkan data hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa“ Metode Bermain Dapat Meningkatkan Proses Pembelajaran Atletik Lari Jarak Pendek 50 Meter Di Sekolah Menengah Pertama Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 40 Palembang“
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107002628 | T77778 | T777782011 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available