Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE MELALUI LATIHAN LONCAT TALI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 262 PALEMBANG
Penelitian ini beijudul “Upaya Meningkatkan Hasil Lompat Tinggi Gaya Straddle Melalui Latihan Loncat Tali Pada Siswa Kelas V SD Negeri 262 Palembang”. Yang dilakukan pada tanggal 10 Maret 2010 s.d 28 April 2010. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah latihan loncat tali dapat meningkatkan hasil lompat tinggi gaya straddle. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengapa hasil lompat tinggi gaya straddle tidak maksimal. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sering disebut classroom action research dan dilaksanakan dua siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 262 Palembang yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan dari observasi dilapangan. Setelah siswa melakukan latihan (pendalaman) tehnik lompat tinggi gaya straddle dan latihan loncat tali selama 1 menit x 4 set (pengulangan) dan istirahat 2-3 menit selama 3 kali pertemuan, kemudian diadakan tes lompat tinggi pada akhir siklus pertama dan diperoleh data bahwa siswa yang mencapai lompatan terendah 50 dan lompatan tertinggi 110 cm dengan nilai rata-rata lompatan 83,2692. Pada siklus kedua pelaksanaannya tidak jauh berbeda dengan siklus pertama hanya tehnik gerakan lompat tinggi gaya straddle yang belum benar diperbaiki dan setelah melakukan latihan loncat tali selama 30 detik x 8 set (pengulangan) dan istirahat 1-2 menit selama 3 kali pertemuan kemudian diadakan tes lompat tinggi pada akhir siklus kedua dan diperoleh data bahwa siswa yang mencapai lompatan terendah 65 cm lompatan tertinggi 110 cm. Secara keseluruhan hasil yang diperoleh dari selisih ratarata tes awal dengan rata-rata tes akhir = 89,2307- 65,3846 = 23,8461. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan latihan loncat tali dan pendalaman latihan tehnik lompat tinggi gaya straddle ternyata dapat meningkatkan hasil lompatan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000829 | T77752 | T777522010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available