Skripsi
MODIFIKASI PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN RINTANGAN KOTAK UNTUK MENINGKATKAN TEKNIK SISWA DALAM LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 41 PALEMBANG
Judul penelitian modifikasi pembelajaran lompat jauh menggunakan rintangan kotak untuk meningkatkan teknik siswa dalam lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VI SD Negeri 41 Palembang. Tujuan untuk meningkatkan teknik gerakan pembelajaran lomapat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 41 Palembang. Permasalahan yang ditemukan siswa tidak dapat melakukan lompat jauh gaya Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 41 Palembang berjumlah 34 siswa. Penelitian berlangsung di SD Negeri 41 Palembang. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi. Pembahasan data awal lompat jauh gaya jongkok diperoleh bahwa siswa yang memenuhi kreteria baik 4 siswa atau 14,7%, 10 siswa kriterianya sedang atau 29,4%, 20 siswa kriterianya kurang 58,8%. Pada siklus pertama, latihan yang diberikan rintangan satu kotak ternyata dapat meningkatkan gerakan lompat jauh. 6 siswa kriterianya baik atau 17,6%, 12 siswa kriterianya sedang atau 35,3%, 16 siswa kriterianya kurang atau 47,1%. Pada siklus dua, latihan yang diberikan adalah memakai rintangan dua kotak siswa yang belum tuntas, ternyata juga dapat meningkatkan gerakan lompat jauh. 20 siswa kriterianya baik atau 58,8%, 13 siswa kriterianyanya sedang atau 38,2 %, 1 siswa kriterianya kurang atau 2,9%. Peningkatan kualitas siswa pada lompat jauh gaya jongkok dari 34 siswa yang berhasil 33 siswa kriteria baik atau 97,1%. Jadi simpulan dengan tindakan lompat menggunakan 1 kotak dan 2 kotak dapat meningkatkan teknik lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V SD Negeri 41 Palembang. Saran untuk pembaca dapat melanjutkan penelitian yang lebih mendalam lagi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001549 | T77519 | T775192012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available