Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEHNIK DASAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI LARI ZIG-ZAG PADA SISWA KELAS V SDN 4 TUNGKAL ILIR KABUPATEN BANYUASIN
Penelitian Tindakan Kelas ini berjudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Tehnik Dasar Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola Melalui Lari Zig-7Mg Pada Siswa Kelas V SDN 4 Tungkai Ilir Kabupaten Banyuasin”. Tujuan penelitian ini adalan untuk meningkatkan pembelajaran teknik dasar menggiring bola pada permainan sepak bola melalui lari zig-zag, siswa menjadi aktif, kreatif dan senang mengikuti pelaksanaan pembelajaran menggiring bola melalui lari zig-zag terhadap terutama subjek siswa kelas V SDN 4 Tungkai Ilir dengan jumlah 25 siswa. Permasalahan yang terjadi pada siswa yaitu masih rendahnya kemampuan siswa dalam menggiring bola, dengan penerapan model pembelajaran menggiring bola melalui lari zig-zag bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan dan penguasaan siswa dalam melakukan menggiring bola kaki. Sejalan dengan masalah dan tujuan penelitian maka penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian, penelitian Tindakan kelas (Clssroom Action Research), ini merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara baru dalam perbaikan hasil pembelajaran. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Dan setiap siklus Bisa terjadi satu atau lebih banyak pertemuan. Data dikumpulkan dari hasil mengadakan tes awal, dan tes akhir dari siklus I dan siklus II yang dilakukan siswa dalam pelaksanaan teknik dasar menggiring bola. Pada siklus pertama mendapat skor rata-rata rata-rata nilai adalah 65 tingkat ketuntasan hasil belajarnya mencapai 60%, dan siklus kedua rata-rata 74 tingkat ketuntasan hasil belajarnya mencapai 92%. Penelitian menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian ini ternyata mengalami peningkatan yang signifikan di atas KKM 75%, artinya tingkat ketuntasan yang diperoleh pada siklus II sudah tercapai Kesimpulanya pelaksanaan proses tindakan dalam pembelajaran menggiring bola sepak bola bisa dikatakan berhasil, hal ini terlihat dari persentase tingkat aktititas, siswa merasa senang dan antusias gembira dalam mengikuti proses pembelajaran yang disampikan oleh guru. Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu bahwa menggiring bola melalui lari zig-zag sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran pembelajaran menggiring bola.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307000039 | T77619 | T776192012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available