Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR LEMPAR CAKRAM MELALUI METODE BAGIAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 ULAK PIANGGU KECAMATAN PAMPANGAN TAHUN 2012
Penelitian ini beijudul “Upaya Meningkatkan Pembelajaran Teknik Dasar Lempar Cakram Melalui Metode Bagian Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ulak Pianggu Kecamatan Pampangan Tahun 2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan pembelajaran lempar cakram melalui metode bagian pada siswa SD Negeri 1 Ulak Pianggu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus dalam upaya meningkatkan hasil pembelajaran lempar cakram melalui metode bagian. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seleruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ulak Pianggu dengan jumlah sampel penelitian ini adalah 28 orang dengan menggunakan teknik random. Pengumpulan data dilakukan menggunakan bentuk tes dari masing-masing variabel. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus pertama terdapat 8 siswa dari 28 siswa yang baik atau 29%, 10 siswa yang sedang atau 36%, dan 10 yang kurang atau 35%. Ketuntasan siswa dalam melakukan lempar cakram 18 siswa tuntas atau 65 %, dan 10 orang siswa yang tidak tuntas atau 35% kemudian Pada siklus kedua, mengalami peningkatan keaktifan dan kemampuan gerak dalam melakukan lempar cakram. Pada siklus kedua ketuntasan siswa dalam melakukan lempar cakram 25 siswa tuntas atau 86,5 %, dan 3 orang siswa yang tidak tuntas atau 13,5%. Dengan mengamati hasil yang telah diperoleh, ketuntasan belajar mencapai 86,5 %. Secara klasikal ketuntasan belajar siswa setelah tindakan mencapai 86,5 % diatas 85%, dapat disimpulkan bahwa pada siklus kedua ini telah mencapai target yang diinginkan sehingga tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307000132 | T77617 | T776172012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available