Skripsi
UPAYA MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE BAGIAN SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM
Skripsi ini berjudul “UPAYA MEMPERBAIKI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA MELALUI METODE BAGIAN SISWA KELAS X.5 SMA NEGERI 1 TANJUNG AGUNG KABUPATEN MUARA ENIM”. Adapun rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah pemeblajaran passing bawah bola voli dapat diperbaiki dengan menggunakan metode bagian siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pelaksanaan pembelajaran passing bawah bola voli dengan menggunakan metode bagian pada siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian ini adalah class ciction research (PTK). Pupulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim yang berjumlah 204 siswa terdiri dari 70 siswa putra dan 134 siswa putri sedangkan sempel yang diambil adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim dengan jumlah siswa 40 orang yang tediri dari 15 orang siswa putra serta 25 orang siswa putri yang kemudian diberi pembelajaran passing bawah bola voli. Setelah melaksanakan tahapan penelitian mulai dari tes awal , perlakuan latihan dan tes akhir, ditemukan adanya perubahan dan meningkatan ketuntasan KKM, yaitu pada tes awal 45%, siklus I 67,5% dan siklus II 82,5%, setelah dialisa peningkatan dari setiap siklus maka ditemukan rata-rata peningkatan keberhasilan dalam pengajaran pendidikan jasmani passing bawah dengan menggunakan metode bagian sebesar 72,45%. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar cukup signifikan persentase ketuntasan KKM dari 45% pada tes awal menjadi 82,5% pada akhir siklus II. Ini dapat diartikan dengan menggunakan metode bagian pada kegiatan belajar passing bawah bola voli dapat memperbaiki pembelajaran.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001533 | T77628 | T776282012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available