Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN LAY-UPSHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA SISWA KELAS VIII.7 SMP NEGERI 26 PALEMBANG
Pada proses pembelajaran penjaskes, materi tehnik dasar lay-up shoot bola basket di kelas VIII7 SMP Negri 26 Palembang terlihat masih sangat rendah. Berdasarkan data hasil ulangan praktek harian hanya 25% atau 10 orang dari jumlah siswa 40 orang yang mendapatkan nilai 75 ke atas. Sedangkan 20 orang atau 75% nya lagi mendapatkan nilai di bawah 75 adapun KKM yang ditetapkan 75,00. Masalah dalam penelitian ini apakah model belajar tutor sebayadapat meningkatkan pembelajaran tehnik dasar lay-up shoot dalam permainan bola basket. Manfaat penelitian ini adalah untuk menambah wawasan bagi para guru untuk dapat menentukan pendekatan pembelajaran yang sesuai dan tepat di dalam proses belajar dan mengajar, sehingga dapat meningkatkan kwalitas pembelajaran itu sendiri. Metode yang di pakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dapat dilakukan 2 kali pertemuan yang dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, subjek penelitian siswa kelas VIII7 SMP Negri 26 Palembang yang beijumlah 40 orang. Data dikumpulkan dari observasi wawancara dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan peningkatan ini terlihat pada siklus 1 siswa yang tuntas belajar mencapai 23 orang atau 57,5% dan yang belum tuntas 17 orang atau 42,5%. Adapun nilai rata-rata kelas yag dicapai adalah 72,05. Pada siklus 2 peningkatan ketuntasan belajar siswa mencapai 35 orang atau 87,5% dan yang belum tuntas 5 orang atau 12,5% untuk rata-rata kelasnya dicapai nilai 82,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model belajar tutor sebaya dapat ingkatkan pembelajaran tehnik dasar lay-up shoot dalam permainan bola basket, pada siswa kelas V1II7 SMP Negri 26 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107002653 | T73112 | T731122011 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available