Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA KAKI MELALUI PERMAINAN LARI RINTANGAN PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 31 PRABUMULIH
Penelitian ini berjudul “ Upaya Meningkatkan Teknik Pembelajaran Menggiring Bola kaki Melalui Permainan Lari Rintangan Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 31 Prabumulih. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik pembelajaran menggiring bola kaki melalui permainan lari rintangan agar siswa dalam pembelajaran menggiring bola kaki mempunyai semangat dan motivasi untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dari sini diharapkan siswa dalam pembelajaran sepak bola tidak terpaku hanya untuk bermain tetapi juga dapat mempelajari dengan baik materi menggiring bola kaki karena ini merupakan salah satu materi yang penting sebelum siswa melaksanakan permainan sepak bola. Permainan Sepak bola salah satu materi pokok dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang salah satu materinya adalah mempelajari menggiring bola kaki. Dari alasan tersebut pemikiran untuk mengadakan penelitian yang sifatnya melaksanakan suatu permainan yaitu permainan lari rintangan yang bertujuan untuk meningkatkan teknik pembelajaran menggiring bola kaki. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara / prosedur baru dalam proses pembelajaran berlangsung. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V sekolah dasar negeri 31 Prabumulihyang beijumlah 30 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara bersiklus dimana setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan pembahasan. Berdasarkan data awal dari 30 siswa ini yang peneliti amati, ada 9 (30%) orang siswa yang melakukan menggiring bola kaki dengan kriteria baik, dan pada siklus pertama meningkat menjadi 16 orang (53,24%) dan pada siklus kedua meningkat lagi menjadi 90 % sehingga telah mencapai keberhasilan atau tuntas dan tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207002185 | T76872 | T768722012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available