Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK LARI SPRINT 30 METER MELALUI LARI BOLAK-BALIK MEMINDAHKAN BENDA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 17 LUBAI MUARA ENIM
Penelitian ini berjudul Upaya meningkatkan teknik lari sprint 30 meter melalui lari bolak-balik memindahkan benda pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Lubai Muara Enim. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran lari sprint 30 meter melalui lari bolak-balik memindahkan benda pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Lubai Muara Enim. Dengan harapan agar siswa menjadi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran lari sprint 30 meter. Pembelajaran lari sprint adalah merupakan salah satu materi pokok dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang mana didalamnya mencakup: Sikap permulaan saat melakukan gerakan lari sprint 30 meter, sikap pelaksanaan saat melakukan Gerakan dan sikap akhir saat berlari. Yang menjadi kendala bagi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan pada umumnya adalah proses pembelajaran lari sprint yang kurang menarik, karena guru kurang bisa memodifikasi lari sprint dalam bentuk bermain. Sehinggah anak merasa jenuh dan malas untuk melakukan lari sprint tersebut. Berdasarkan kenyataan tersebut ada pemikiran untuk mengadakan penelitian yang sifatnya memodifikasi lari sprint dengan permainan memindahkan benda dan permainan hijau hitam, sehinggah dengan harapan untuk memperbaiki proses pembelajaran lari sprint tidak mengalami kejenuhan di samping itu juga peneliti berharap anak meras senang dan gembira serta antusia dalam proses pembelajaran yang dapat dipandu dengan Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan menyenangkan. Sehinggah pembelajaran dapat terselenggara dengan baik. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang mana merupakan jenis penelitian yang menawarkan cara / Produk baru dalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus, dimana setiap siklus mempunyai tahapan dimulai dari Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Sebagai subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 17 Lubai Muara Enim yang beijumlah 30 orang siswa. Berdasarkan data awal penelitian, dari jumlah 30 orang siswa,menurut pengamatan peneliti hanya 15 orang siswa saja yang aktif, jika dipersentasekan berkisar 50%. Selanjutnya peneliti melakukan tindakan di siklus yang kesatu, dimana tingkat keberhasilan siswa mencapai 22 orang siswa yang aktif, jika dipersentasekan mencapai 73,3% siswa yang aktif. Kerena pada siklus yang kesatu tindakannya belum berhasil, maka peneliti melanjutkan dengan siklus yang kedua, setelah diberikan tindakan di siklus yang kedua ini, keaktifan siswa mengalami peningkatan mencapai jumlah 27 orang siswa yang aktif, jika dipersentasekan berkisar 89,9%. Maka pada tindakan yang diberikan pada siklus yang kedua ini dinyatakan berhasil, maka tidak perlu lagi dilakukan siklus berikutnya. Karena tindakan yang dilakukan pada siklus yang kedua sudah berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207002173 | T76874 | T768742012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available