Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK PASSING ATAS MELALUI MODIFIKASI LAPANGAN DAN BOLA PADA PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 182 PALEMBANG
Permainan bola voli adalah salah salu materi pelajaran yang diberikan kepada siswa sekolah dasar. Materi ini diberikan sebagai awal perkenalan siswa dengan bola voli. Siswa diajak untuk bermain bola dengan menyengkan dan dalam suasana yang gembira. Akan tetapi, membuat pembelajaran yang menyenangkan tidaklah semudah yang diharapkan. Hal ini diperlukan inovasi dari guru yang didasarkan atas kebutuhan siswa. Melalui modifikasi, permainan bola voli khususnya passing atas akan menjadi sebuah permainan yang menarik bagi anak-anak. Modifikasi yang dimaksudkan adalah berkenaan dengan penyederhanaan karakteristik permainan bola voli. Penyederhanaan dilakukan selain pada bola voli juga dengan melakukan penyesuaian ukuran lapangan dan peralatan dengan ukuran fisik anak-anak usia sekolah dasar. Melalui modifikasi lapangan ini, diharapkan siswa dapat melakukan passing atas dalam batas lapangan yang telah ditentukan. Penelitian berjudul ”Upaya Meningkatkan Teknik Passing atas Melalui Modifikasi Lapangan Dan Bola Pada Pembelajaran Permainan Bola Voli di Sekolah Dasar Negeri 182 Palembang.” Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Negeri 182 Palembang. Jumlah subjek penelitian 36 orang. Adapun jumlah siswa yang diteliti adalah 32 orang. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan melalui modifikasi lapangan dan bola pada siswa kelas V SD Negeri 182 Palembang dapat meningkatkan teknik passing atas. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan ketuntasn belajar siswa pada pra tindakan sebesar 61,11%, pada siklus I sebesar 72,22%, dan pada siklus II sebesar 91,67%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001631 | T76933 | T769332012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available