Skripsi
PENINGKATAN KEMAMPUAN SENAM LANTAI GULING DEPAN MELALUI ALAT BANTU BIDANG MIRING PADA SISWA KELAS V.A SEKOLAH DASAR NEGERI 170 PALEMBANG
Pada umumnya senam lantai guling depan yang dilakukan siswa masih kurang sempurna meskipun guru telah membantu dan membimbing siswa secara individu. Siswa masih sulit me-roll ke depan. Walaupun ada yang bisa hasilnya, ia jatuh ke samping kanan atau kiri di luar matras. Dengan kejadian seperti ini para siswa mesti harus hati-hati, ia harus pelan-pelan menjatuhkan badannya ke depan. Guru sekalisekali membantu memutarkan badan siswa supaya bisa me-roll ke depan baik. Penelitian berjudul ”Peningkatan Kemampuan Senam Lantai Guling Depan Melalui Alat Bantu Bidang Miring Pada Siswa Kelas V.A Sekolah Dasar Negeri 170 Palembang.” Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui alat bantu bidang miring dapat meningkatkan kemampuan senam lantai guling depan pada siswa kelas V.A Sekolah Dasar Negeri 170 Palembang. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V.A SD Negeri 170 Palembang. Jumlah subjek yang diteliti adalah 36 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan memilah sumber data, jenis data, serta instrumen yang digunakan dalam penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Melalui alat bantu bidang miring dapat meningkatkan kemampuan senam lantai guling depan siswa kelas V.A di SD Negeri 170 Palembang. Peningkatan kemampuan tersebut dilihat dari pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) siswa secara klasikal pada tes awal sebesar 53,78%, siklus I adalah 72,22%, dan siklus II mencapai 86,11%, 2) Peningkatan juga terjadi pada pencapaian penguasaan kemampuan senam lantai siswa secara individual pada tes awal rata-rata 40,01, siklus I mencapai 71,25, dan siklus II mencapai 79,94.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001407 | T76918 | T769182012 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available