Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN GERAK LARI CEPAT DENGAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN BERLOMBA MEMINDAHKAN BALOK PADA ANAK KELAS IV SD. NEGERI 128 SRIJAYA PALEMBANG.
Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar, Pembelajaran Cabang Olahraga Atletik khususnya pada nomor lari kurang digemari oleh setiap anak. Hal inilah yang mungkin menyebabkan pembelajaran gerak lari anak tidak terbentuk dengan baik dan benar. Padahal kelas IV dalam usia yang tepat untuk dibentuk gerakannya kedalam cabang-cabang olahraga tertentu. Dengan adanya kasus seperti ini, peneliti berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap gerak-gerak dasar yang telah dimiliki oleh anak-anak ke cabang olahraga tertentu. Tidak mudah memang dalam usaha peningkatan suatu pembelajaran gerak lari dalam olahraga, karena perlu adanya metode yang tepat dan adanya kesesuaian antara metode yang digunakan dengan cabang olahraga yang akan diajarkan. Namun walaupun demikian sebagai seorang guru tentu memiliki berbagai cara untuk mengatasi segala permsalahan yang ada. Dengan ditemukannya metode bermain, permainan berlomba memindahkan balok, peningkatan pembelajaran gerak lari cepat pada anak kelas IV SD.Neg.128 Srijaya Palembang dapat berhasil dengan baik. Dalam melakukan penelitian, peneliti memilih penelitian tindakan kelas, dengan metode bermain. Tujuannya tidak lain untuk mengetahui apakah dengan metode bermain dapat memberikan kontribusi yang berdampak menimbulkan efek peningkatan terhadap keterampilan gerak lari cepat pada anak-anak. Disamping itu juga kontribusi dari penelitian ini adalah sebagai informasi bagi peneliti dalam rangka memilih metode pembelajaran yang lebih baik pada pembelajaran Atletik, khususnya nomor lari. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yaitu sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IVa SD.Neg.128 Srijaya Palembang, tahun ajaran 2011/2012, pada semester ke satu yang berjumlah 30 orang anak yang terdiri dari 17 laki-laki dan 13 perempuan. Dari data-data yang dikumpulkan lewat observasi dilapangan pada siklus satu anak yang ketuntasan dalam pembelajaran sebanyak 15 anak atau mencapai 50% dari 30 orang anak. Sedang pada siklus dua, terjadi peningkatan hingga mencapai 26 orang anak yang mencapai ketuntasan atau kalua dipersentasekan 86,67%. Terjadinya peningkatan ini setelah diberi pembelajaran dengan menerapkan metode bermain. Maka penelitian ini dinyatakan berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000428 | T76362 | T763622012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available