Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR MELEMPAR BOLA, MENANGKAP BOLA, DAN MEMUKUL BOLA PADA PERMAINAN BOLA KASTI MELALUI MODIFIKASI ALAT MENGGUNAKAN BOLA KERTAS PADA SISWA KELAS V SD NEGRI 49 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Teknik Dasar Melempar bola, Menangkap bola, dan memukul bola Pada permainan Bola Kasti Melalui Modifikasi Alat Menggunakan Bola Kertas pada Siswa Kelas V SD Negeri 49 Palembang”. Latar belakang dari penelitian ini adalah secara umum permasalahan yang sering ditemukan dalam proses belajar mengajar penjasorkes adalah siswa takut dengan bola, misalnya dalam permainan bola kasti, dari jumlah sisiwa 40 orang yaitu 28 siswa putri 12 orang siswa putra ternyata hanya 5 orang siswa putri yang memiliki keberanian bermain kasti sementara 23 sisiwa putri lainya takut kena lemparan (chase). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil pembelajaran teknik dasar permainan bola kasti dapat ditingkatkan melalui modifikasi alat menggunakan bola kertas pada siswa kelas V SD Negeri 49 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua putaran atau pertemuan yang meliputi kegiatan sebagai berikut, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 49 Palembang semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tes awal, proses pembelajaran pada siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil pembelajaran teknik dasar permainan bola kasti dapat ditingkatkan melalui modifikasi alat menggunakan bola kertas pada siswa kelas V SD Negeri 49 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001530 | T76791 | T767912012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available