Skripsi
UPAYA MEMPERBAIKI TEKHNIK LOMPAT JAUH GAYA GANTUNG MELALUI MERAIH BOLA DIGANTUNG PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 20 PALEMBANG
Penelitian ini judul Upaya memperbaiki teknik lompat jauh gaya gantung melalui meraih bola digantung pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Palembang. Permasalahan saat penelitian siswanya banyak yang tidak dapat melakukan lomat jauh gaya gantung sedang bertujuan untuk perbaikan teknik lompat jauh gaya gantung melalui meraih bola yang digantung pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Palembang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang berlangsung dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 20 Palembang berjumlah 35 siswa. Penelitian berlangsung dan tanggal 24 Februari sampai tanggal 30 Maret 2012 di SMA Negeri 20 Palembang. Tehnik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi kelas, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar materi lompat jauh gaya gantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui meraih bola yang digantung dapat memperbaiki hasil dan gerakan tehnik lompat jauh gaya gantung. Pembahasan dari data awal kriteria baik 5 siswa atau 14,3%, kriteria sedang 10 siswa atau 28,6%, kriteria kurang 20 siswa atau 57,1%. Pada siklus pertama, latihan yang diberikan adalah meraih bola yang digantung, kemudian tes lompat jauh gaya gantung. Kriteria baik 6 siswa atau 17,1%, kriteria sedang 12 siswa atau 34,3%, kriteria kurang 17 siswa atau 46%. Pada siklus dua, latihan yang diberikan melanjutkan lompat meraih bola yang digantung karena siklus pertama masih ada siswa yang belum dapat melakukan lompat jauh gaya gantung dengan baik, lalu dilakukan tes kembali. Kriteria baik 18 siswa atau 51,4%, kriteria sedang 15 siswa atau 42,9%, kriteria kurang 2 siswa atau 5,7 %, sehingga dapat memperbaiki hasil belajar lompat jauh gaya gantung pada siswa kelas XI SMA Negeri 20 Palembang. Simpulan akhir dari penelitian ini dengan lompat meraih bola yang digantung dengan hasil akhir yang dicapai dari 35 siswa 2 orang siswa putri yang tidak dapat melakukan gerakan lompat jauh gaya gantung dengan baik, sedangkan 33 siswa dapat melakukan dan memperbaiki gerakan lompat jauh gaya gantung dengan persentase 93,3% yang dinyatakan baik pada penelitian ini
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001128 | T77427 | T774272012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available