Skripsi
PENINGKATAN PEMBELAJARAN TOLAK PELURU MELALUI MEMODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 100 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Pembelajaran Tolak Peluru Melalui Memodifikasi Alat Pada Siswa Kelas V SD Negeri 100 Palembang”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “apakah dengan memodifikasi alat dapat meningkatkan pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas V SD Negeri 100 Palembang”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan melalui memodifikasi alat siswa menjadi aktif dan mampu melakukan tolak peluru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang diginakan dalam penelitian ini yaitu: Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di SD Negeri 100 Palembang, Jalan KH. Azhari Lorong Perbatasan Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V, semester genap tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 40 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian tindakan ini menggunakan tes unjuk keija dan tes sikap. Tehnik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan semua data yang terkumpul melalui tiga proses yaitu: 1) tahap reduksi, 2)tahap penyajian data, dan 3) tahap penarikan kesimpulan/verifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang dimulai dengan pengambilan data awal, tercatat dari hasil tes tolak peluru hanya 24 siswa yang berhasil atau 60% dan yang tidak berhasil/belum tuntas 16 siswa atau 40%. Hasil penelitian pada siklus 1 setelah dilakukan tindakan dengan 2 cara menunjukkan peningkatan yaitu mencapai 29 siswa atau 72,5% yang mampu melakukan lompatan dengan benar/tuntas, sedangkan yang belum tuntas 11 orang siswa atau 27,5%. Siklus satu terlihat belum mencapai target penelitian, maka dilanjutkan pada siklus 2. pada siklus kedua juga dilakukan dengan dua cara, yang hasilnya menunjukkan peningkatan kemampuan siswa sangat memuaskan yaitu dari 29 menjadi 35 siswa atau 87,5% yang mampu/tuntas. Sedangkan yang belum tuntas ada 5 orang siswa atau 12,5%. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada target yang telah ditetapkan/sesuai dengan standar ketuntasan (KKM) SD Negeri 100 Palembang, yaitu bila siswa memperoleh nilai KKM 68 ke atas secara perorangan berarti tuntas dan secara klasikal siswa yang memperoleh nilai KKM mencapai 35 orang atau 87,5%. Ini jekas bahwa siklus berikutnya tidak perlu dilakukan, karena pada siklus 2 sudah berhasil, diketahui behwa siswa sangat menyenangi dan antusias mengikuti proses pembelajaran dengan melalui memodifikasi alat. Alat yang dimodifikasi adalah bola plastik kecil yang diisi dengan pasir dan semen sebagai pengganti peluru.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000995 | T77504 | T775042012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available