Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KOORDINASI GERAK LARI DENGAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN BERLOMBA MEMINDAHKAN BALOK PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 128 SRIJAYA PALEMBANG.
Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. Pembelajar Cabang Olahraga Atletik khususnya pada nomor lari sangat digemari oleh setiap siswa. Namun dikarenakan alokasi waktu yang ditetapkan cukup terbatas, materi pembelajaran lari tidak di ajarkan secara maksimal. Ilal ini yang mungkin menyebabkan keterampilan koordinasi gerak lari siswa tidak terbentuk dengan baik dan benar. Padahal kelas IV dalam usia yang tepat untuk dibentuk gerakannya kedalam cabang-cabang tertentu. Dengan adanya kasus seperti ini, peneliti berusaha untuk melakukan perbaikan dan penyempurnaan terhadap gerak-gerak dasar dari berbagai cabang olahraga, khususnya dalam nomor lari. Tidak mudah memang dalam usaha peningkatan suatu keterampilan olahraga, karena perlunya metode yang tepat dan adanya kesesuaian antara metode yang digunakan dengan cabang olahraga yang akan diterapkan. Namun walaupun demikian peneliti berusaha dan permasalahannya dapat diatasi. Dengan ditemukannya metode bermain, permainan berlomba memindahkan balok, peningkatan keterampilan koordinasi gerak lari pada siswa kelas IV SD.Neg.128 Srijaya Palembang, dapat berhasil dengan baik. Dalam melakukan penelitian, peneliti memilih penelitian tindakan kelas, dengan metode bermain, permainan berlomba memindahkan balok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode bermain permainan berlombah memindahkan balok dapat memberikan dampak peningkatan terhadap keterampilan gerak lari pada siswa. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah sebagai imformasi bagi peneliti dalam rangka memilih metode pembelajaran yang lebih baik pada pembelajaran atletik, khususnya nomor lari. Penelitian ini dilakukan secara bersiklus yaitu sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah kelas IVa SD.Neg.128 Srijaya Palembang, tahun ajaran 2009/2010, semester ke-2 yaitu berjumlah 36 siswa. Dari data yang dikumpulkan hasil observasi dilapangan pada siklus satu siswa yang tuntas secara individu sebanyak 17 siswa atau mencapai 75% dari 36 siswa. Sedangkan pada siklus 2, siswa yang tuntas sebanyak 32 siswa secara individu, dan tuntas klasikal mencapai 88,89%. Jika dibandingkan dengan siklus 1, adanya peningkatan pada siklus 2. Ilal ini terjadi setelah diberi pembelajaran menggunakan metode bermain permainan berlomba memindahkan balok. Maka dinyatakan berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000838 | T76916 | T769162010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available