Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA GUNTING MELALUI METODE PERMAINAN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS V A SDN 72 PAGAR ALAM
Skripsi ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Tinggi Gaya Gunting Melalui Metode Permainan Lompat Tali Pada Siswa Kelas V A SD Negeri 72 Pagar Alam”. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar lompat tinggi gaya gunting dapat ditingkatkan melalui metode permainan lompat tali pada siswa kelas V A SDN 72 Pagar Alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode permainan lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar dalam cabang olahraga lompat tinggi. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran para pendidik tentang penggunaan pendekatan yang sesuai dalam kegiatan proses belajar mengajar, sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V A SD Negeri 72 Pagar Alam yang berjumlah 29 orang. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa, terbukti pada siklus satu yang tuntas belajar mencapai 17 siswa atau 59 % dengan nilai rata-rata 5,93. Pada siklus dua mencapai 24 siswa atau 83 % dengan nilai rata-rata 9,65. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode permainan lompat tali efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran lompat tinggi gaya gunting pada siswa kelas V A SD Negeri 72 Pagar Alam. Kepada rekan-rekan seprofesi untuk dapat menerapkan hasil penelitian ini secar berkesinambungan dan kepada guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan agar dapat menerapkan metode permainan lompat tali ini sebagai altemative dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107002700 | T77054 | T770542011 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available