Skripsi
PEMBELAJARAN PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (Contextual Teaching and Learning) MENGGUNAKAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA SD KELAS V SD NEGERI 1 KOTADARO KECAMATAN RANTAU PANJANG KABUPATEN OGAN ILIR
Pembelajaran permainan bola voli dalam pendidikan jasmani dan kesehatan yang diberikan di sekolah cukup terbatas karena waktu yang ditetapkan juga terbatas. Dari materi pelajaran semua yang diberikan, tidak sepenuhnya siswa memahami dan menguasai materi yang diberikan apabila mereka tidak mempraktikkannya secara langsung. Masalah dalam penelitian ini adalah berapa kali pertemuan siswa dapat melakukan passing atas menggunakan bola voli sebenarnya apabila guru mengajarkan passing atas menggunakan strategi pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dengan bermain bola voli menggunakan peralatan yang dimodifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan peralatan yang dimodifikasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain bola voli menggunakan passing atas. Manfaat penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai bahan masukan untuk memilih strategi pembelajaran yang lebih baik di SD Negeri 1 Kotadaro Kecamatan Rantau Panjang Kabupaten Ogan Ilir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kotadaro yang beijumlah 41 orang dan data dikumpulkan dari hasil observasi di lapangan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, pada siklus pertama persentase untuk kategoti baik pada penilaian kognitif siswa beijumlah 78,05%, untuk permainan bola voli menggunakan balon penilaian psikomotor beijumlah 70,73% dan penilaian afektif beijumlah 85,37%, sedangkan untuk permainan menggunakan bola sebenarnya penilaian psikomotor beijumlah 65,85% dan penilaian afektif berjumlah 70,73%. Kemudian pada siklus kedua persentase untuk kategoti baik pada penilaian kognitif siswa beijumlah 82,93%, untuk permainan bola voli menggunakan bola plastik penilaian psikomotor beijumlah 90,24% dan penilaian afektif beijumlah 97,56%, sedangkan untuk permainan menggunakan bola sebenarnya penilaian psikomotor beijumlah 80,49% dan penilaian afektif beijumlah 85,37%. Ternyata teijadi peningkatan kemampuan siswa bermain bola voli menggunakan passing atas, dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907001119 | T76019 | T760192009 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available