Skripsi
PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MENGGUNAKAN METODE MENGAJAR KESELURUHAN, BAGIAN, KESELURUHAN (Whole Part Whole) DENGAN PERALATAN YANG DIMODIFIKASI UNTUK SISWA KELAS VII-3 SMP NEGERI 1 RANTAU PANJANG TAHUN AJARAN 2008/2009
Dalam pendidikan jasmani, pembelajaran permainan bola voli yang diberikan cukup terbatas karena alokasi waktu yang ditetapkan juga terbatas. Dari hasil pengamatan dan pengalaman, tidak semua materi pembelajaran voli dapat diajarkan pada setiap pembelajaran pendidikan jasmani. Hal inilah yang mungkin merupakan salah satu sebab yang mempengaruhi perhatian siswa pada pembelajaran permainan bola voli. Masalah dalam penelitian ini adalah Berapa kali pertemuan siswa dapat melakukan passing bawah dengan baik apabila guru mengajarkan passing bawah menggunakan metode Keseluruhan,bagian,Keseluruhan (whole part whole) dan peralatan yang dimodifikasi dalam pembelajaran permainan bola voli siswa kelas VII SMP Negeri 1 Rantau panjang tahun ajaran 2008/2009. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah melalui Metode Keseluruhan,bagian,Keseluruhan (whole part whole) dengan peralatan yang dimodifikasi dapat meningkatkan penguasaan teknik dasar passing bawah dalam pembelajaran permainan bola voli siswa. Manfaat penelitian ini adalah bagi peneliti dapat dijadikan informasi dalam rangka memilih model pembelajaran yang lebih baik pada permainan bola voli siswa SMP Negeri 1 Rantau panjang tahun ajaran 2008/2009. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan tiga siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VTI-3 SMP Negeri 1 Rantau Panjang yang berjumlah 35 orang siswa. Data dikumpulkan dan observasi dilapangan. Penelitian dilakukan tiga siklus dengan hasil pada siklus satu siswa yang memiliki kebenaran baik hanya 4 orang atau 11,43% dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklus dua siswa yang memiliki kebenaran baik meningkat 26 orang atau 74% dan pada siklus tiga siswa yang memiliki kebenaran baik mencapai 31 orang atau 88,57% meningkat dibanding pada siklus satu setelah diberi pembelajaran menggunakan metode bagian pada siklus dua,maka penelitian ini dinyatakan berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0907001118 | T74176 | T741762009 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available