Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAKAN ROLL BELAKANG MELALUI METODE PEMBELAJARAN BANTUAN ALAT MATRAS YANG DIMIRINGKAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 242 PALEMBANG
Penelitian ini beijudul “ Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerakan Roli Belakang Melalui Metode Pembelajaran Bantuan Alat Matras Yang Dimiringkan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 242 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerakan roli belakang dengan menggunakan metode pembelajaran alat bantu matras. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berlangsung tiga siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 242 Palembang beijumlah 30 orang. Penelitian berlangsung dari bulan Maret sampai bulan Mei 2010 di SD Negeri 242 Palembang. Manfaat penelitian ini adalah bagi peneliti mendapatkan pengalaman berharga dalam pelaksanaan penelitian ini. Dan dapat dijadikan informasi dalam rangka memilih salah satu metode melatih dan mengajar yang lebih baik pada cabang olahraga senam khususnya metode melatih gerakan roli belakang. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi kelas, catatan lapangan dan tes hasil belajar roli kebelakang (senam lantai). Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode modifikasi alat dapat meningkatkan hasil dan kemampuan gerakan roli belakang. Tes awal 6 siswa baik atau 20%, 8 siswa sedang atau 26.7%, 16 siswa kurang 53.3%, siklus I, 5 siswa baik atau 16.7%, 20 siswa sedang atau 66.6%, 5 siswa kurang atau 16.7%, siklus H, 20 siswa baik atau 66.7%, 6 siswa sedang atau 20%, 4 siswa kurang atau 13.3%, siklus IH, 26 siswa baik atau 86.6%, 2 siswa sedang atau 6.7%, 2 siswa kurang atau 6.7% sehingga dapat meningkatkan hasil belajar senam lantai pada siswa kelas V SD Negeri 242 Palembang. Para siswa tidak takut dan lebih serius dalam kegiatan pembelajaran senam lantai.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000836 | T75769 | T757692010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available