Skripsi
UPAYA PERBAIKAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN KATAK DAN BANGAU PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 196 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Upaya Perbaikan Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Permainan Katak dan Bangau pada Siswa Kelas V SD Negeri 196 Palembang”. Latar belakang dari penelitian ini adalah secara umum hampir semua siswa belum memiliki kekuatan otot kaki yang baik sehingga prestasi lompat jauh pun belum memuaskan, misalnya langkah kaki siswa ketika lari awalan belum mantap, pijakan pada saat menumpu masih lemah dan tidak jarang terjadi lutut kaki tumpuan goyang sehingga lompatan pun gagal dan yang terjadi siswa hanya melangkah ke bak lompat jauh. Kemudian apabila ditinjau dari segi teknik, baik dari teknik awalan, tumpuan, sikap badan diudara sampai pendaratan hamper seluruh siswa belum memiliki teknik melompat yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok Dapat Diperbaiki Melalui Permainan Katak dan Bangau pada Siswa Kelas V SD Negeri 196 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri dari dua putaran atau pertemuan yang meliputi kegiatan sebagai berikut, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 196 Palembang semester II tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pada data awal siswa baru mencapai 50% kemudian pada siklus I, 65 % siswa telah tuntas KKM 75. Selanjutnya pada siklus II siswa telah mencapai 85 % Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan 75.15 % Siswa yang belum tuntas diremedial. Berdasarkan data hasil penilaian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran lompat Jauh Gaya Jongkok dapat ditingkatkan melalui permainan katak dan bangau pada siswa kelas V SD Negeri 196 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001495 | T76338 | T763382012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available