Skripsi
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN DI KELAS X SMA SRIJAYA NEGARA PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ADU CEPAT (GAME) PADA CABANG ATLETIK NOMOR LARI 200 METER
Dalam pendidikan jasmani, pembelajaran dengan pendekatan permainan yang di berikan cukup terbatas karena alokasi waktu dan jenis permainan yang di berikan juga terbatas, dari hasil pengamatan dan pengalaman, tidak semua cabang olahraga menggunakan metode permainan dalam meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Hal inilah yang mungkin merupakan salah satu sebab yang mempengaruhi perhatian siswa dan minat siswa untuk kurang aktif dalam mengekikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada cabang atletik kusunya pada nomer lari 200 meter. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani pada cabang olahraga atletik nomer lari 200 meter dan bagaimanakah perkembangan keaktifan siswa bila guru menggunakan metode permainan dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada cabang atletik nomer lari 200 meter. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah dengan menggunakan metode permainan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan di kelas X SMA Srijaya Negara Palembang. Manfaat penelitian ini adalah bagi peneliti dapat di jadikan informasi dalam rangka memilih model pembelajaran yang lebih baik pada olahraga atletik Siswa SMA Srijaya Negara Palembang tahun ajaran 2010/2011. Metode yang di pergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan di laksanakan tiga siklus, setiap siklus di mulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Srijaya Negara Palembang yang beijumlah 36 orang siswa. Data di kumpulkan dari obsevasi dilapangan. Penelitian di lakukan dua siklus dengan hasil pada siklus satu 54,54 % dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran, pada siklusn kedua keaktifan siswa mencapai 81,81 % dari jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran meningkat di banding siklus satu setelah diberi pembelajaran menggunakan metode permainan pada siklus kedua ini, maka penelitian ini dinyatakan berhasil.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007000819 | T74329 | T743292010 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available