Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KEGEMBIRAAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PENDIDIKAN JASMANI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 74 PALEMBANG.
Penelitian ini beijuduP’Upaya Meningkatkan Kegembiraan Siswa Dalam Pembelajaran Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Pendidikan Jasmani Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 74 Palembang” Yang mengambil permasalahan tentang”apakah pembelajaran Pendidikan jasmani dengan model pembelajaran dengan pendekatan bermain sepak bola kegembiraan siswa dapat meningkat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kegembiraan siswa yang diajarkan dengan memakai pendekatan bermain,disini peneliti menggunakan pendekatan bermain sepak bola dengan gawang beijalan. Karena selama kegiatan pembelajaran berlangsung peneliti perhatikan anak-anak SD ini kurang semangat,kurang bergairah dalam pembelajaran jasmani yang mereka anggap pelajaran yang sulit dan melelahkan. Maka disini peneliti mencoba bermain sepak bola dengan pendekatan bermain yang menggunakan pendekatan bermain gawang bergerak /gawang berjalan dan pendekatan bermain sepak bola empat gawang. Metode yang diguna kan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas ,mulai dari refleksi awal,perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi akhir.Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 38 orang terdiri atas 18 orang laki-laki dan 20 orang perempuan. Setiap data yang diperoleh dari observasi langsung dianalisis, setelah mendapatkan hasil dari observasi setiap siklus kemudian dipersentasikan hingga diperoleh suatu kesimpulan .Penelitian tindakan ini terdiri atas dua siklus.Siklus pertama dilakukan 2dua kali pertemua dan siklus kedua juga dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kegembiraan siswa dengan menggunakan model pembelajaran pendekatan bermain sepak bola.Ini terbukti dari hasil observasi pada siklus I, keberhasilan siswa laki-laki Untuk kerja sama 72,22%,sportivitas 77,78%,kejujuran 72,22%,kegembiraan 66,67%. Sedangkan perempuan kerja sama 60%,sportivitas 75%,kejujuran 70%,kegembiraan 75%.Pada siklus II, ini keberhasilan siswa sangat meningkat,siswa laki-laki kerja sama 88,89%,sportivitas 88,89%,kejujuran 88,89%,kegembiraan 94,44%.Untuk perempuan kerja sama 95%,sportivitas 90%,kejujuran 90%,kegembiraan 95%.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007001791 | T74347 | T743472010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available