Skripsi
UPAYA PERBAIKAN HASIL BELAJAR HAND STAND MELALUI ALAT BANTU SISWA PADA KELAS V SD NEGERI 162 PALEMBANG
Berdasarkan pernyataan peneliti dilapangan kondisi siswa kelas V SDN 162 Palembang secara umum sehat tetapi nampaknya kurang terampil dan kurang berbakat. Hal ini ditandai sebagian siswa kurang antusias dalam melakukan olahraga. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang baik banyak kendala yang harus dihadapi oleh guru pendidikan Penjaskes diantaranya adalah untuk menjadikan siswa-siswa SD yang trampil dan berbakat. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah upaya perbaikan hal belajar Handstand melalui alat Bantu siswa pada kelas V SD Negeri 162 Palembang tahun ajaran 2011 - 2012. Penelitian ini bertujuan belajar Handstand melalui alat Bantu siswa pada kelas V SD Negeri 162 Palembang tahun ajaran 2011 - 2012’yang berjumlah 40 orang terdiri dari 20 siswa dan 20 siswi. Metode dalam penelitian adalah penelitian tindakan olahraga pelaksanaannya dilakukan berdasarkan siktus yang terdiri dari perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Sedangkan data yang diambil dalam penelitian ini adalah tes awal, tes inti, tes akhir. Analisis data penelitian yang diperoleh di siklus I sebelum dilaksanakan tindakan terhadap 40 siswa yaitu 7 siswa (17,5%) kategori kurang, 23 siswa (57,5%) kategori cukup, 10 siswa (25%) kategori baik. Potongan pada siklus I 102,80 dan nilai 297,56 dengan rata-rata 7,4 atau di persentasekan menjadi 07,43% dan setelah diberi tindakan peneliti memperoleh peningkatan pada siklus II 21 siswa (52,5%) kategori baik, 19 siswa (47,5%) kategori sangat baik. Potongan pada nilai 349,60 rata-rata 8,74 di persentasekan menjadi 08,74%. Sehingga dapat dikatakan ada perbaikan hasil belajar handstand melalui alat Bantu siswa pada kelas V SD Negeri 162 Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001571 | T72063 | T720632012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available