Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN SERVIS SEPAK TAKRAW MENGGUNAKAN BOLA PLASTIK PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 140 PALEMBANG
Penelitian ini berjudul u Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Servis Sepak Takraw Menggunakan Bola Plastik Pada Siswa Kelas V SD Negeri 140 PalembangTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran servis sepak takraw menggunakan bola plastikndapat menghasilkan servis yang baik pada permainan sepak takraw siswa kelas V SD Negeri 140 Palembang, siswa akan menjadi aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan. Jenis penelitian ini adalah penilaian tindakan kelas, yang dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V C SD Negeri 140 Palembang yang berjumlah 40 siswa. Data dikumpulkan dari observasi, Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I siswa yang berhasil melakukan servis melewati net ada 20 siswa dalam persentasenya yaitu 50%. Pada siklus II siswa yang berhasil melakukan servis melewati net ada 31 siswa dalam persentasenya yaitu 77,5%.Dan siklus II ini dinyatakan berhasil dan dianggap tidak perlu dilakukan tindakan siklus berikutnya karena telah mencapai target penelitian yang telah ditetapkan yaitu nilai KKM 75%. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada taerget yang telah ditetapkan sesuai dengan standar ketuntasan SD Negeri 140 Palembang, yaitu jika siswa yang dapatmelakukan servis sepak takraw mencapai 75% maka penelitian dinyatakan berhasil. Dari hasil siklus dua dapat dilihat peningkatan yang signifikan yang berarti pembelajaran servis sepak takraw menggunakan bola plastik berhasil dan tidak perlu diadakan siklus berikutnya. Dari hasil yang diketahui bahwa siswa sangat senang antusias dalam mengikuti pembelajaran servis sepak takraw menggunakan bola plastik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001598 | T70518 | T705182012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available