75 disamping itu terjadi peningkatan proses. Ternyata berdasarkan siklus III tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 85,7 %. Berdasarkan hasil obsevasi sudah terjadi peningkatan nilai dan ketuntasan melebihi batas kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa metode bagian dan keseluruhan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran teknik dasar guling ke depan di sekolah." />
Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR GULING KE DEPAN MELALUI METODE BAGIAN DAN KESELURUHAN PADA SISWA KELAS VIII.2 SMP NEGERI 43 PALEMBANG.
Penelitian ini berjudul " Upaya Meningkatkan Pembelajaran Teknik Dasar Guling ke Depan Melalui Metode Bagian dan Keseluruhan Pada Siswa Kelas VIII.2 SMP Negeri 43 Palembang". Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran teknik dasar guling ke depan melalui metode bagian dan keseluruhan pada siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 43 Palembang. Waktu penelitian dilaksanankan pada semester gazal Tahun Pelajaran 2011-2012 dari Tanggal 27 September sampai dengan 11 Oktober 2011. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur kerja dalam penelitian ini adalah suatu siklus kegiatan yang terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitin ini adalah siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 43 Palembang yang berjumlah 35 siswa dengan perincian 19 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Data penelitian ini dikumpulkan dari observasi. Penelitian dilaksanakan tiga siklus dengan perincian siklus I dilaksanakan pada tanggal 27 september, siklus II dilaksanakan pada tanggal 3 oktober dan siklus III dilaksanakan pada tanggal 11 oktober 2011. Nilai rata-rata data awal 58,7 dengan tingkat ketuntasan siswa 28,6 %, siklus I nilai rata-rata 70,1 dengan tingkat ketuntasan siswa 45,7 %, siklus II nilai rata-rata 77,8 dengantingkat ketuntasan siswa 65,7% dan siklus III nilai rata-rata 82,7 dengan tingkat ketuntasan siswa 85,7 %. Keberhasilan penelitian ini berpedoman pada ketuntasan belajar yaitu 75 % atau lebih dari sama dengan jumlah siswa mendapat nilai > 75 disamping itu terjadi peningkatan proses. Ternyata berdasarkan siklus III tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 85,7 %. Berdasarkan hasil obsevasi sudah terjadi peningkatan nilai dan ketuntasan melebihi batas kriteria ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa metode bagian dan keseluruhan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran teknik dasar guling ke depan di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207000491 | T72303 | T723032012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available