Skripsi
PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR DAN DAYA SERAP ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN LKS BUATAN GURU DENGAN LKS CETAKAN PENERBIT PADA PELAJARAN SAINS BIOLOGI DI SMP NEGERI 2 TANJUNG RAJA
Telah dilakukan penelitian mengenai perbandingan motivasi belajar dan daya serap antara siswa yang menggunakan LKS buatan guru dengan LKS cetakan penerbit pada pelajaran sains biologi di SMP Negeri 2 Tanjung Raja Ogan Ilir, dengan tujuan untuk membandingkan motivasi belajar dan daya serap antara siswa yang menggunakan LKS buatan guru dengan LKS cetakan penerbit selama mengikuti proses pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari sampai bulan April 2005, dan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (QuasiExperimental). Data motivasi belajar siswa merupakan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran, sedangkan data daya serap belajar siswa merupakan nilai rata-rata selisih antara nilai tes awal dengan nilai tes akhir. Analisis data daya serap belajar menggunakan uji-t. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa motivasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran pada kedua kelompok sampel penelitian hampir sama, dengan rata-rata motivasi tinggi pada LKS buatan guru 91,97 % dan 91,88 % untuk LKS cetakan penerbit. Selain itu diperoleh thimng > Wi atau 2,88 > 1,67 dalam tarafsignifikansi 5 %. Hal ini berarti bahwa daya serap siswa yang menggunakan LKS buatan guru lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan LKS cetakan penerbit dengan nilai rata-rata 37,63 (LKS buatan guru) dan 29,12 (LKS cetakan penerbit). Berdasarkan penelitian ini dapat ditarik kesimpuan bahwa penggunaan LKS buatan guru dapat meningkatkan motivasi belajar dan daya serap siswa selama mengikuti proses pembelajaran daripada LKS cetakan penerbit.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000716 | T72797 | T727972005 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available