Skripsi
KUALITAS PELAYANAN TRANSPORTASI EKONOMIS, MUDAH, ANDAL DAN NYAMAN (TEMAN BUS) DI KOTA PALEMBANG
Transportasi publik merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan masyarakat terutama diperkotaan. Kemajuan sektor transportasi publik dapat dilihat dari kualitas pelayanan yang diberikan, oleh karena itu Kementerian Perhubungan menyediakan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus) guna meningkatkan kualitas pelayanan transportasi publik di perkotaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya asumsi masyarakat mengenai permasalahan terkait pelayanan yang diberikan oleh Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kualitas pelayanan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan teori Service Quality (Servqual) dari Zeithaml et. al dengan 5 dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kuantitatif dengan teknik analisis gap servqual. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden yang merupakan penumpang Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus) di Kota Palembang dikategorikan sebagai positive score dan dapat dikatakan memuaskan dengan skor 0,046 yang diperoleh dari lima dimensi servqual, yaitu dimensi tangible atau bukti fisik dengan skor 0,0942, dimensi reliability atau kehandalan dengan skor 0,067, dimensi responsiveness atau daya tanggap dengan skor 0,017, dimensi assurance atau jaminan dengan skor -0,037, dan dimensi emphaty atau empati dengan skor 0,09. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, disarankan dapat memperbaiki waktu operasional dan melengkapi fitur yang ada di aplikasi Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman (Teman Bus). Kata Kunci: Teman, Bus, Kualitas, Pelayanan, Transportasi, Publik
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005325 | T65481 | T654812021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available