Skripsi
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi operasi bilangan pecahan dengan menggunakan model Discovery Learning. Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan instrument berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 SMP Negeri 4 Prabumulih, sedangkan yang menjadi fokus penelitian adalah 3 siswa dengan kemampuan yang bervariasi yang dipilih berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu: (1) Tahap persiapan; (2) Tahap pelaksanaan; (3) Tahap analisis data. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada materi operasi bilangan pecahan menggunakan model Discovery Learning telah muncul. Indikator yang paling banyak muncul adalah indikator menyatakan ulang sebuah konsep, indikator mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai konsep, dan indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis. Sedangkan indikator yang jarang muncul adalah, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta menerapkan konsep atau algoritma untuk menyelesaikan masalah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005097 | T61315 | T613152021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available