Skripsi
PENGEMBANGAN LKPD MATERI HIMPUNAN BERBASIS FILSAFAT UNTUK MENGETAHUI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis filsafat yang mencakup landasan ontologi, epistemologi dan aksiologi yang valid dan praktis serta untuk mengetahui efek potensial terhadap minat belajar siswa setelah menggunakan LKPD dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.A SMP Srijaya Negara. Tahapan penelitian ini terdiri dari preliminary study dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi dan wawancara. Dari hasil lembar validasi expert diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,4% yang termasuk kriteria cukup valid dan telah direvisi berdasarkan komentar/saran expert dan one to one. Dari hasil angket kepraktisan diperoleh rata-rata persentase 83,75% yang termasuk kriteria praktis dan telah direvisi berdasarkan komentar/saran small group. Adapun hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa minat belajar siswa setelah menggunakan LKPD ini terkategori baik dengan hasil persentase angket minat belajar yaitu 53,15%. Hal ini juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara, bahwa siswa tertarik menggunakan LKPD dalam pembelajaran karena penggunaaan LKPD berbasis filsafat merupakan hal baru bagi mereka dan mereka lebih tertarik dengan aktivitas-aktivitas dalam LKPD yang mengarahkan mereka untuk berpikir.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107005095 | T60893 | T608932021 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available